SMAN 3 PALANGKA RAYA
SIGARANI SIGARA

MASIH MENGANGGAP PEMBELAJARAN SEJARAH MEMBOSANKAN ????

Ilustasi Pembelajaran Sejarah

Sebagai seorang individu tentu tidak terlepas dari yang nama nya Sejarah atau Ilmu Sejarah, begitu juga dengan saya sendiri yang berprofesi sebagai guru dibidang mata pelajaran Sejarah dan sudah pasti tentu akan berhadapan dengan pembelajaran Sejarah yang biasa diberikan label pembelajaran membosankan di sekolah.

Persepsi ini biasa didukung dengan banyaknya narasi bahwa sejarah hanya mempelajari fakta yang terjadi pada masa lampau dan selalu berkenaan dengan tanggal serta tahun saja padahal esensi pembelajaran sejarah tersebut tidak sesempit itu.

Nah… sekarang ayo bersama – sama kita mengenal lebih jauh tentang pembelajaran sejarah dan hal- hal yang terkandung didalamnya agar tidak salah persepsi dan tergiring opini – opini yang tidak sesuai dengan fakta.  Berikut hal – hal posititif yang bisa diambil dari belajar  sejarah selain untuk mempelajari pristiwa masa lampau kita juga dapat mempelajari hal – hal penting sebagai berikut :

1.Menumbuhkan Kesadaran Identitas dan Kebangsaan

Melalui pembelajaran sejarah, peserta didik dapat mengetahui dan menggali akar identitas mereka serta membantu peserta didik menumbuhkan nilai kebersamaan juga rasa cinta terhadap tanah air.

2.Menumbuhkan Sifat Berpikir Kritis dan Analisis

Mempelajari sejarah dapatmemacu kemampuan peserta didik untuk berpikir kritis dan menganalisis informasi yang diperoleh  serta memahaminya dari berbagai perspektif.

3.Memahami Nilai – Nilai Kemanusiaan

Pembelajaran sejarah juga memungkinkan peserta didik untuk memahami nilai – nilai kemanusiaan di masa lalu seperti halnya keberanian, solidaritas, keadilan, toleransi dan lain – lain yang dapat dijadikan acuan dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari – hari.

4.Menumbuhkan Kesadaran Akan Konsekuensi Tindakan

Dalam sejarah penuh dengan fakta tentang konsekuensi dari tindakan manusia. Peserta didik dapat belajar dari kesalahan dan keberhasilan masa lalu, memahami dampak dan bisa bertanggung jawab atas perbuatan nya serta menjadikan pertimbangan untuk menghadapi masa depan.

5.Menghargai Keberagaman Budaya dan Multikulturalisme

Pembelajaran sejarah membuka pengetahuan peserta didik  terhadap keberagaman budaya dan membantu membentuk karakter peserta didik untuk menghargai perbedaan serta menjadikannya sebagai kekuatan bukan untuk alat perpecahan.

Dengan kata lain pembelajaran sejarah pada intinya tidak hanya mengenai pristiwa masa lampau dan berkenaan dengan tanggal dan tahun saja melainkan sebuah ilmu pengetahuan yang sangat luas serta penting peranannya bagi perkembangan seorang peserta didik maupun sebuah peradaban.

Nah mengingat betapa krusial dan pentingnya pembelajaran sejarah ditengah image pembelajaran sejarah yang monoton dan membosankan perlu strategi menarik untuk memerangi kejenuhan peserta didik agar pembelajaran sejarah memiliki potensi yang mendalam dan memikat serta esensi dari ilmu tersebut bisa tersampaikan dengan baik dan benar.

 Hal tersebut dapat dilakukan seorang pendidik dengan mengemas pembelajaran sejarah dengan sedemikian rupa agar pembelajaran tersebut menjadi menarik seperti halnya memasukkan unsur Multimedia dan Teknologi didalamnya sehigga pembelajaran lebih interaktif dan menyenangkan serta tercapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.

Jadi mempelajari sejarah itu menarik yaa selain mendapatkan ilmu ,peserta didik juga dapat nilai – nilai karakter serta gambaran untuk melangkah kedepan, Masa Akan Datang, Masa Sekarang , dan Masa Lalu adalah sebuah kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

Masih menganggap sejarah itu tidak penting???

Masih  menganggap sejarah itu membosankan???

Ir. Soekarno "JAS MERAH!!!"" (Jangan Sekali-Kali Meninggalkan Sejarah)
Herry Setianor, S.Pd

Herry Setianor, S.Pd

Penulis

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Follow On Instagram

Recent Posts

  • All Post
  • 2024
  • Blog
  • Informasi
  • Kegiatan
  • Prestasi

Tags

    Edit Template

    © 2023 Nayanika Amerta